Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

7 Cara Agar Tidur Tidak Ngiler Yang Mujarab Dan Alami

cara agar tidur tidak ngiler
Tidur merupakan suatu aktivitas untuk mnegistirahatkan diri yang dilakukan setiap mkhluk hidup. Manusia memiliki waktu sekitar 6 hingga 7 jam durasi tidur yang ideal, tidur yang cukup memiliki manfaat membantu menjaga kesehatan tubuh. Saat tidur setiap orang akan melakukan kebiasaan-kebiasaan alamiah seperti ngorok dan ngiler. Kebiasaan tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah dan dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti misalnya memiliki kebiasaan ngiler yang disebabkan oleh

1. Produksi air liur berlebih

Faktor pertama penyebab terjadinya ngiler adalah produksi air liur berlebih, sehingga saat tubuh beristirahat kelebihan tersebut bisa keluar dari dalam tubuh. Produksi air liur berlebih dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan dan efek konsumsi makanan seperti

  • GERD
    Gerd ataugastroesophageal reflux diseasemerupakan gangguan kesehatan yang berupa naiknya kadar asam lambung berlebih, pada kasus gerd asam lambung bisa naik hingga kerongkongan yang menyebabkan produksi air liur berlebih yang dapat keluar saat tidur.
  • Infeksi sinus
    Infeksi sinus yang berupa gangguan pernafasan dan kesulitan menelan. Ketika sedang menderita Infeksi sinus saat tidur seseorang menjadi cenderung menggunakan mulut saat bernafas. Di mana hal ini membuat liur diproduksi secara berlebih.
  • Alergi
    Reaksi alergi terhadap makanan tertentu dapat merangsang kelenjar air liur, sehingga berhati-hatilah terhadap makanan yang mengandung bahan yang membuat alergi.
  • Makanan pedas
    Sensasi makanan pedas memang enak dan merangsang nafsu makan, akan tetapi makan makanan pedas sebelum tidur dapat membuat kelenjar air liur memproduksi liur secara berlebih.
    Selain produksi air liur berlebih terdapat penyebab lain yaitu posisi tidur

2. Posisi tidur yang salah

Posisi tidur miring memiliki persentasi kemungkinan terbesar tidur ngiler, selain itu seseorang yang sedang tidur miring dengan lelap bisa tanpa control posisi mulut berada terbuka sehingga membuat air liur menetes lebih muda.

Ini Dia Cara Agar Tidur Tidak Ngiler

Faktor utama yang telah disebutkan diatas merupakan penyebab seseorang ngiler saat tidur. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur ngiler, berikut beberapa cara agar tidur tidak ngiler yang efektif, antara lain:

1. Ubah posisi tidur

cara agar tidur tidak ngiler dengan ubah posisi tidur

Pada saat keadaan normal Seperti di sebutkan diatas posisi tidur berdampak dengan terjadinya ngiler, posisi tidur terlentang akan membantu menahan aliran air liur berjalan keluar, sehingga tidak akan menetes kesamping bantal. Beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu

  • Membuat ganjalan di samping tubuh
    Ganjal samping tubuh dengan 2 guling, hal ini bertujuan agar posisi tubuh saat tidur tidak berubah-ubah sehingg tetap amna terlentang dan menahan air liur tertampung dalam mulut.
  • Sediakan bantal penyangga
    Bantal penyangga memiliki fungsi yang tidak jauh beda dari cara pertama hanya bedanya bantal digunakan hanya untuk menyangga kepala agar tidak terkulai kebawah yang menyebabkan air liur keluar.
  • Jangan tidur dengan posisi tengkurap, tengkurap merupakan posisi tidur di mana tubuh mneghadap kebawah sehingga hal ini membuat mulut berada di bawah dekat dengan bantal maka akan membuat air liur lebih mudah keluar, bagaimanapun cara memposisikan wajah apabila dalam posisi tengkurap akan sama saja memiliki resiko ngiler.
  • Tidur dengan posisi mulut tertutup
    Sebelum tidur aturlah posisi senyaman mungkin, usahakan agar bibir mulut dalam keadaan tertutup hal ini mencegah keluarnya air liur di waktu pertama tidur. Sebab air liur akan berada tertampung didalam.

2. Minum cukup air putih

cara agar tidur tidak ngiler dengan minum cukup air putih

Minum cukup air putih memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tidak heran bila setiap tips kesehatan akan menyelipkan saran untuk minum air putih yang cukup, hal ini juga berlaku untuk mengatasi tidur ngiler, minum air putih yang cukup akna membuat rongga mulut menjadi lembab dan mengurangi liur.

3. Hindari makanan asam dan pedas

Makanan asam dan pedas memiliki kecenderungan untuk menghasilkan air liur berlebih sehingga dapat menyebabkan tidur ngiler, apabila memang menyukai makanan asam dan pedas lakukan hal hal ini

  • Usahakan saat makan memiliki rentang waktu yang lama dari waktu tidur.
  • Minum banyak air putih untuk mengurangi dampak pedas maupun rasa asam.
  • Hindari makan asam pada penderita maag atau Gerd, karena akan memperparah keadaan asam lambung, karena produksi asal lambung yang berlebih juga mempengaruhi produksi air liur berlebih pula.

4. Cukup Istirahat

cara agar tidur tidak ngiler dengan cukup istirahat

Cara untuk menghindari ngiler saat tidur yaitu mengatur lama waktu tidur se efisien mungkin, jangan terlalu memaksakan untuk begadang bila tidak perlu, kelelahan dianggap sebagai salah satu faktor ngiler saat tidur sebab kelelahan merupakan kondisi tubuh yang payah setelah melakukan banyak aktivitas sehingga waktu istirahat otot-otot yang melakukan relaksasi tidak dapat mengontrol tampungan air liur yang dihasilkan saat tidur. Maka bijaklah dalam mengatur wajtu tidur usahakan lama tidur malam yaitu 6 hingga 7 jam.

5. Tidur dengan menunduk

Apabila anda sering tertidur di perjalanan pulang atau tertidur di tempat umum maka anda harus memperhatikan hal ini, jangan tidur dengan posisi menunduk. Memang posisi paling simpel saat lelah berada diperjalanan yaitu tidur dengan posisi menunduk, akan tetapi posisi menunduk akan memudahkan air liur keluar sehingga membuat malu saat terlihat oleh orang lain. Maka lakukan hal berikut

  • Apabila berada dalam perjalanan yang lama usahakan bawa bantal leher agar tidak tertidur dengan menunduk.
  • Menggunakan masker, gunakan masker untuk menutupi mulut saat hendak tidur di tempat umum.

6. Mandi uap panas

cara agar tidur tidak ngiler dengan mandi uap panas

Mandi dengan uap panas dapat menghangatkan tubuh dari cuaca dingin, hal ini dapat dilakukan mengatasi infeksi sinus sehingga pernafasan lancar menggunakan hidung serta tidak membuat air liur dalam mulut diproduksi berlebih.

7. Mengoleskan minyak penghangat

Gangguan pernafasan akibat hidung tersumbat bisa membuat tidak nyaman dalam tidur serta saat bernafas, sehingga otomatis memilih bernafas dengan mulut, seperti telah disebutkan pernafasan dengan mulut malah membuat keadaan mulut terbuka dan kering sehingga kelenjar air liur diproduksi untuk melembabkan rongga mulut. Maka untuk memperlancar pernafasan oleskan minyak penghangat pada hidung yang tersumbat sampai terasa nyaman sebelum tidur.

Hal yang perlu diperhatikan apabila kedaaan tidur dengan ngiler disertai dengan produksi air liur yang berlebihan dan terkesan parah, hal ini tentunya menjadi tanda bahwa ada masalah dalam tubuh, sehingga perlu konsultasi dengan dokter. Apabila tidak ditangani dengan baik produksi liur berlebih saat tidur dapat mengundang peristiwa tersedak, dan tersedak saat tidur sangat berbahaya apalagi terdapat air yang masuk kedalam paru -paru.

Ngiler saat tidur terkadang dianggap wajar namun akan menimbulkan gambar pulau-pulau di bantal dan akan membuat malu apabila tertidur di tempat umum dan ngiler, maka kenali penyebab kebiasaan ngiler saat tidur sehingga bisa memilih cara yang tepat untuk menyelesaikannya, dengan demikian jangan ragu untuk mencoba cara agar tidur tidak ngiler diatas.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.