Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

12 Cara Mengatasi Grogi Dan Gugup Yang Berlebihan Dengan Ampuh

cara mengatasi grogi
Grogi atau sering dikenal Nervous sehingga tidak percaya diri tampil dan berbicara didepan umum memang sangat wajar bagi setiap orang yang baru perta,ma kali tampil di depan umum, akan tetapi hal tersebut membuat tidak nyaman. Grogi dikategorikan sebagai gangguan yang tidak membahayakan akan tetapi grogi yang terus menerus perlu diatasi, sebab bisa berdampak pada kesehatan fisik dan psikologis.

Penyebab Umum

Penyebab grogi biasanya datang saat seseorang pertama kali melakukan kontak bicara dihadapan banyak orang, tidak percaya diri dengan kurangnya persiapan, serta tidak biasa menghadapi banyak orang memunculkan perasaan gugup dan selalu berfikir takut akan melakukan kesalahan, akan tetapi hal ini bila dibiarkan akan membuat seseorang merasa minder secara terus menerus dan membuat kepercayaan pada diri sendiri bahwa dirinya bisa menurun, dan memiliki mental penakut.

Ciri grogi (gugup). Setiap orang yang mengalami grogi dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Keringat dingin
    Tanda umum biasanya akan muncul keringat dingin, badan seseorang yang grogi akan mengeluarkan keringat walau tidak melakukan pekerjaan berat, biasanya terjadi sebelum melakukan presentasi kemudian hilang saat sudah bisa mengendalikan perasaan saat tampil, atau bisa juga muncul ketika saat sedang tampil.
  • Bicara terbata-bata
    Tanda grogi selanjutnya yaitu bicara terbata-bata, ciri-ciri ini tampak dari cara menyampaikan materi yang dibahas dan intonasi nada bicara, terkadang terlihat seperti bicara tidak jelas, intonasi terlalu pelan dan salah pengucapan.
  • Mata tidak fokus
    Mata tidak fokus dan tidak melakukan kontak mata dengan audiens.
  • Sakit perut dan ingin buang air
    Beberapa orang mengalami tanda grogi seperti sakit pada bagian perut hingga rasa ingin buang air dan pergi ke toilet
  • Tangan bergetar.
    Tangan bergetar atau bagian tubuh lain seperti lutut sehingga badan tidak berdiri tegak dengan baik merupakan tanda grogi yang juga sering di alami, selain itu tangan yang bergetar akan menampakkan tampilan grogi apabila tampil dengan membawa teks.
  • Tiba-tiba lupa
    Sudah mempersiapkan bahan presentasi dengan benar dan beberapa persiapan lain akan tetapi tiba-tiba lupa, hal ini juga merupakan tanda grogi yang tersirat pertama kita percaya diri untuk tampil dan saat sedang menajalani perform kemudian merasa grogi dan tidak bisa menguasasi suasana sehingga materi yang sudah disiapkan tiba-tiba blank.

Ini Dia Cara Mengatasi Grogi Yang Manjur

Dari ciri-ciri diatas apakah pernah anda alami, jika anda sedang merasakan grosi, dan apabila tanda-tanda diatas sering dialami dan menjadi mengkhawatirkan maka lakukan beberapa cara mengatasi grogi dibawah ini untuk membuat diri anda menjadi lebih nyaman. Antara lain:

1. Persiapan

cara mengatasi grogi dengan melakukan persiapan

Hal yang pertama harus dilakukan untuk mengurangi rasa grogi adalah melakukan persiapan dengan matang.

  • Cek perlengkapan yang dibutuhkan.
  • Cek media pendukung tampilan
  • Gunakan pakaian yang rapi atau sesuai dengan tujuan, misal presentasi produk maka gunakan setelan baju kantor sopan dan rapi.

Pengecekan pada tahap persiapan ini dapat mengurangi grogi sebab kita sudah tidak cemas akan kekurangan bahan materi pada saat presentasi, maupun untuk menampilkan suatu pertunjukkan.

2. Berdoa

Kunci utama setelah melakukan persiapan yang matang yaitu berdoa, berdoa secara psikologis akan membuat hati dan pikiran tenang dan berserah diri pada tuhan terhadap sesuatu yang dikerjakan berjalan lancar.

3. Tersenyum

Tersenyum dengan melihat kea rah audiens kemudian merasakan tanggapan dan mengendalikan suasan dapat mengurangi perasaan grogi hal ini disebabkan, tersenyum dapat membuat kita melihat respon dan melihat suasana audiens.

4. Pengaturan nafas

cara mengatasi grogi dengan pengaturan nafas

Selanjutnya untuk proses penenangan pikiran. Pengaturan nafas dapat dilakukan seperti

  • menghirup nafas panjang dari hidung
  • keluarkan dari mulut perlahan
  • lakukan berulang
    teknik dasar pernafasan ini dapat membuat pikiran rileks, serta siap untuk menghadapi audiens atau lawan bicara.

5. Latihan berbicara dengan lawan

Practice makes perfect, latihan berulang sebelum melakukan presentasi atau penampilan di hadapan banyak orang akan membantu mengurangi grogi sepert

  • Latihan didepan kaca, cobalah untuk latihan dengan menjelaskan sesuatu materi didepan kaca dan fokukskan padangan ke kaca dimana ada bayangan diri sehingga seperti simulasi berhadapan dengan seseorang.
  • Cara kedua dengan meminta bantuan seorang teman dekat untuk membantu latihan dan jadikan teman sebagai audiens.
  • Cara ketiga dengan latihan di depan kamera serta merekamnya kemudian putar hasil rekaman setelah selesai dan perhatikan sikap-sikap yang harus diperbaiki. Selanjutnya lakukan latihan dengan cara yang sama dan bandingkan hasilnya.

6. Olahraga

cara mengatasi grogi dengan olahraga

lakukan olahraga teratur untuk menjaga keseahtan dan kebugaran tubuh. Tubuh yang fit akan lebih rileks dan bisa mengendalikan energy positif dalam tubuh untuk tidak grogi atau gugup. Olahraga yang dapat dicoba yaitu

  • Lari
    lari dipercaya sebagai olahraga cardio yang baik dan bisa melepaskan hormone bahagia sehingga bisa membuat pikiran jernih.
  • Berenang
    Berenang, sensasi air yang segar membuat tubuh menjadi rileks, sensasi berenang dalam air pun bisa digunakan sebagai terapi pernafasan serta membuat rasa lelah terobati.

7. Tidur yang cukup

Cara menghilangkan grogi berikutnya adalah gunakan waktu tidur dengan bijak, cukupkan waktu untuk tubuh beristirahat dari beban keseharian sehingga penampilan dipagi hari terlihat segar dan tidak lesu maupun mengantuk.

8. Berfikir positif

Selanjutnya berlatih untuk berfikir positif untuk percaya diri bahwa ‘ bisa melakukan’ beberapa tips yang bisa di perhatikan

  • Berfikir bisa melakukan
  • Kesampingkan ragu-ragu
  • Jangan takut akan melakukan kesalahan, anggap kesalahan sebagai proses pembelajaran.

9. Focus

cara mengatasi grogi dengan tetap fokus

Saat sudah siap tampil usahakan focus dengan apa yang di bicarakan lakukan hal berikut ini

  • Buka penampilan dengan senyum dan salam.
  • kemudian buka materi dengan perlahan kuasai emosi terlebih dahulu.
  • kemudian buat eye contact dengan audiens tanpa keraguan.
  • Kontak dengan audiens diperlukan agar tahu bahwa audiens sedang mendengarkan, dan mengontrol apabila audiens mulai mengantuk atau perhatian teralihkan maka artinya tampilan kita membosankan.
  • selanjutnya perbaiki dengan cepat dan buat audiens kembali memperhatikan.

10. Atur gerakan

Cara mengurangi grogi selanjutnya yaitu dengan mengatur gerakan, apabila mulai grogi dan mearasakan beberapa anggota tubuh gemetar lakukan gerakan atau berpindahan lokasi berdiri selain dengan tujuan mengurangi gugup bisa menjadi proses improve penampilan agar terlihat lebih menarik.

Contohnya cara berdiri :

  • berdirilah tegap dengan terbuka, buka kaki selebar bahu hal ini bisa membantu tubuh rileks.
  • Hindari posisi tubuh yang terlaku kaku, karena selain menambah ketegangan, juga terlihat tidak bagus.
  • Berjalan selangkah-dualangkah untuk menunjukkan tekanan terhadap hal yang disampaikan juga dapat menyembunyikan rasa grogi yang mmebuat bagian tubuh gemetar.

11. Konsumsi air putih

Biasakan meminum air putih sesuai dengan anjuran kebutuhan kesehatan, hal ini ditujukan agar saat melakukan penampilan badan fit dan tidak dehidrasi. Selain itu air putih dapat menenangkan pikiran sebab perasaan gugup akan memicu jantung bekerja lebih cepat sehingga dengan minum air putih bisa membantu merilekskan.

12. Hindari stress

Menghindari stress juga salah satu kunci untuk mengatasi grogi, sebab stress bisa membuat perasaan grogi menjadi parah, ketika grogi yang dialami seseorang menjadi parah akan membuatnya tidak bisa bertindak sesuai rencana.

Jangan ragu untuk mencoba cara mengatasi grogi diatas sebelum melaksanakan presentasi, wawancara ataupun segala penampilan didepan umum. Semoga berhasil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.