Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Mengatasi Insomnia Akut Dengan Cepat Dan Alami

cara mengatasi insomnia
Untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan aya gizi serta rutin melakukan olahraga nyatanya tidaklah cukup. Istirahat cukup dengan kualitas istirahat yang baik pun sangat dibutuhkan. Setidaknya Anda harus tidur selama 8 jam perhari tanpa gangguan ataupun masalah tidur lainnya.

Sayangnya untuk mendapatkan kualitas dan waktu tidur yang tepat tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Banyak diantara Anda yang mungkin masih sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan lain sehingga waktu tidur kurang. Bahkan ada juga diantara Anda yang mungkin mengalami gangguan susah tidur atau yang lebih akrab disebut insomnia.

Insomnia sendiri merupalan gangguan susah tidur malam yang dapat disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari setress, depresi, perasaan cemas atau khawatir pada sesuatu secara berlebihan, masalah psikologi atau juga bisa terjadi karena kondisi medis tertentu.

Layaknya gangguan kesehatan lain, insomnia pun memiliki beberapa gejala yang dapat Anda deteksi, seperti sulit tidur malam meski tubuh merasa Lelah, sering terbangun secara tiba-tiba dan sulit tidur kembali, rasa Lelah dan kantuk pada siang hari, sulit konsentrasi saat melakukan pekerjaan dan lain-lain.

Inilah Cara Mengatasi Insomnia Paling Efektif

Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia? Apakah harus menggunakan obat tidur atau obat penenag pikiran agar tidur lebih berkualitas? Jika kondisi insomnia Anda belum begitu para, beberapa cara ini bisa Anda coba terlebih dahulu.

1. Buat diri Anda senyaman mungkin

cara mengatasi insomnia dengan buat diri senyaman mungkin

Salah satu hal yang bisa juga memperngaruhi insomnia adalah ketika kondisi tubuh tidak nyaman, seperti sedang banyak pikiran atau tidak enak badan. Untuk itulah cara menghilangkan insomnia terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat diri sendiri senyaman mungkin.

Cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur untuk membuat otot-otot tubuh lebih rileks, kemudian gunakan pakaian tidur yang nyaman, Anda juga bisa mengenakan pengharum badan dengan aroma yang segar manis.

2. Atur tempat tidur

Selain kondisi tubuh, kondisi lingkungan tidur juga cukup berpengaruh pada kualitas dan waktu tidur Anda. Seperti kamar tidur yang terlalu berantakan sehingga sangat tidak nyaman untuk beristirahat atau ruangan yang terlalu pengap dan masih banyak lainnya.

Mulai saat ini, buatlah kamar tidur Anda jauh lebih rapi dengan meletakkan segala sesuatu pada tempatnya atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan kembali. Kemudian pastikan pula sirkulasi udara di ruangan tersebut lancar sehingga udara terasa lebih segar dan nyaman untuk tinggal.

3. Atur pencahayaan

cara mengatasi insomnia dengan mengatasi pencahayaanya

Setelah membuat kamar serapi dan sebesrih mungkin, mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan mengatur pencahayaan kamar. Dimana untuk posisi tidur, sebaiknya Anda menggunakan pencahayaan yang begitu redup. Selain dapat mengurangi resiko kanker dan penyakit berbahaya lain, tidur dalam kondisi ruangan gelap juga akan membuat tubuh jauh lebih rileks. Anda bisa menggunakan lampu duduk atau lampu tidur lain yang saat ini begitu banyak dijual dengan beragam bentuk dan warna.

4. Lakukan peregangan tubuh

Bukan hanya setelah bangun tidur, peregangan tubuh juga sangat dibutuhkan sebelum Anda tidur. Dimana kegiatan ini akan membuat otot tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran jauh lebih fresh. Tak harus dengan gerakan sulit, Anda bisa mencoba beberapa gerakan peregangan atau yoga sederhana yang cukup dilakukan di atas Kasur.

Selain itu Anda juga bisa mencoba melakukan meditasi guna menenangkan pikiran dari berbagai masalah yang Anda alami pada siang hari serta latihan pernafasan untuk tidur yang lebih nyenyak dan tenang.

5. Hindari gadget

cara mengatasi insomnia dengan hindari gadget

Saat ini, kecanduan gadged bahkan bisa juga mempengaruhi waktu dna kualitas tidur seseorang secara signifikan. Dimana waktu tidur sering kali digunakan hanya untuk bermain gadged. Untuk menjaga kualitas tidur Anda, sebaiknya hindari penggunaan gadged di waktu tidur.

Buatlah aturan atau Batasan penggunaan gadged dan sebisa mungkin jauhkan gadged selama waktu tidur. Cara satu ini juga akan berpengaruh besar pada kondisi kesehatan mata terkait paparan sinar biru dari gadged yang Anda gunakan.

6. Hindari kafein

Pada beberapa orang mungkin kafein tidak memberi dampak pada siklus tidur Anda. Namun pada sebagian lainnya, kafein sangat berpengaruh pada waktu tidur mereka. Nah bagi Anda yang memiliki respon cepat maupun lambat pada kafein, sebaiknya tetap menghindari minum minuman berkafein sebelum tidur, seperti kopi dan teh. Sedangkan pada siang hari, pengaturan jumlah kafein yang dikonsumsi pun perlu dilakukan.

7. Buat jadwal tidur

cara mengatasi insomnia dengan mengatur jadwal tidur

Sesibuk apapun dan sebanyak apapun pekerjaan Anda, ingatlah jika istirahat sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh. Oleh karena itu jangan sampai pekerjaan atau kegiatan lain menyita waktu tidur Anda.

Buatlah jadwal tidur dengan minimal waktu setidaknya 6-8 jam perhari. Apabila sudah masuk pada waktu tidur sesauai jadwal yang Anda buat, pastikan diri Anda konsisten untuk mematuhi peraturan tersebut.

8. Susu/coklat hangat sebelum tidur

Cara mengatasi insomnia yang mungkin sudah tidak pernah dilakukan orang dewasa khususnya para pria adalah mengonsumsi susu maupun coklat hangat sebelum tidur. Padahal rasa manis dan hangatnya kedua minuman ini sangat efektif untuk membuat otak lebih rileks dan tubuh lebih mudah tertidur.

Dimana kandungan glukosa yang tinggi pada keduanya sangat baik untuk menenangkan otak dan membuatnya lebih rileks.

9. Menggunakan pengharum ruangan

Tak cukup membuat diri sendiri terasa segar dan harum, Anda juga bisa mencoba membuat ruangan menjadi jauh lebih harum dengan beberapa aromaterapi, seperti bunga lavender, akar valerian dan akar gingseng. Tanaman-tanaman tersebut sudah terbukti ampuh mampu menghasilkan aroma harum yang membuat suasana ruangan jauh lebih tenang sehingga siapapun yang menciumnya akan merasa lebih rileks.

10. Dekor ulang kamar tidur

Tahukan Anda jika warna kamar juga cukup mempengaruhi kualitas tidur Anda? Ya, pemilihan warna-warna cerah seperti merah, orange merupakan warna yang akan memberikan kesan panas sehingga kurang cocok untuk kamar tidur.

Dan bagi Anda yang mengalami masalah sulit tidur, cara mengatasi insomnia yang tepat adalah dengan mengganti dekorasi ruangan menjadi lebih tenang. Seperti memilih warna-warna soft, baik biru muda, hijau kiwi, khaki, abu-abu atau warna pastel lainnya. Pemilihan warna soft ini akan lebih sempurna ketika dipadukan dengan lampu kuning yang membuat ruangan jauh lebih tenang.

11. Konsumsi kudapan

Meskipun Anda sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berat tepat sebelum tidur, namun tidak dengan beberapa kudapan ini. dimana beberapa jenis kudapan justru sangat disarankan dalam cara menyembuhkan insomnia karena kandungan glukosa dan tryptophannya yang mempu membuat tubuh lebih rileks.

Beberapa kudapan yang bisa Anda konsumsi sebelum tidur antara lain adalah kue coklat, pudding, keju cair, kacang kedelai, ikan tuna, dan beberapa lainnya. Namun pastikan Anda selalu menjaga kebersihan mulut sebelum tdur untuk menghindari sakit gigi. Itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengonsumsi obat tidur yang dosisnya wajib dikonsultasikan dengan dokter.

Leave A Reply

Your email address will not be published.