Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

12 Cara Mengatasi Mual Dan Pusing Saat Hamil Muda Secara Alami

cara mengatasi mual saat hamil
Kehamilan merupakan dambaan setiap pasangan suami istri. Menjalani kehamilan merupakan momen penuh kebahagiaan dan tak terlupakan bagi seorang wanita. Namun ketika hamil, wanita harus mengalami berbagai perubahan dalam tubuhnya, seperti perubahan hormonal, bentuk tubuh, dan perubahan mood. Perubahan-perubahan ini menyebabkan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami ibu hamil adalah mual dan muntah terutama ketika trimester pertama kehamilan.

Rasa mual yang dirasakan ketika hamil sering dialami oleh ibu hamil di trimester pertama. Namun tak jarang rasa mual terjadi selama proses kehamilan hingga menjelang persalinan. Rasa mual tentu tidak nyaman bagi ibu hamil hingga menyebabkan kurang gizi jika mual sangat parah dan disertai muntah (hyperemesis). Mual yang parah bisa menghilangkan nafsu makan sehingga ibu hamil beresiko kekurangan gizi.

Mual dan muntah yang dialami ketika masa kehamilan disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab utama yang membuat ibu hamil jadi sering mengalami mual adalah:

  • Peningkatan kadar hormon esterogen
  • Munculnya hormon HCg yang dihasilkan untuk mendukung masa awal kehamilan
  • Menderita sakit magh atau asam lambung yang berlebih
  • Perubahan metabolisme tubuh
  • Pencernaan terdesak rahim yang membesar (terjadi pada kehamilan di trimester terakhir)
  • Faktor psikologis

Inilah Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Yang Aman

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengurangi rasa mual saat hamil. Setiap cara bisa memberikan efek yang berbeda untuk masing-masing orang. Jadi tak ada salahnya Anda mencoba tips-tips berikut. Di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang wajib Anda coba,

1. Makan dengan porsi sedikit tapi sering

cara mengatasi mual saat hamil dengan makan porsi dikit namun sering

Cara ini merupakan cara paling sederhana namun efektif untuk mengurangi mual saat hamil. Perut yang terisi penuh menyebabkan rasa tidak nyaman, dan memicu mual. Jika ibu hamil makan dengan porsi sedikit perut tidak terlalu penuh sehingga tidak terasa begah. Selain itu makan dengan porsi kecil bisa membuat lambung bekerja tidak terlalu berat dan tidak memicu lambung mengeluarkan asam lambung secara berlebihan. Kondisi asam lambung yang terjaga bisa membantu mencegah timbulnya rasa mual.

2. Minum teh daun mint

Teh daun mint adalah teh yang terbuat dari daun mint segar yang disiram air hangat. Teh ini semacam infused water daun mint yang memiliki kemampuan memperbaiki sistem pencernaan. Teh ini mampu membuat lambung lebih nyaman sehingga bisa mengurangi rasa mual. Selain itu rasa sejuk yang dihasilkan oleh daun mint bisa membantu merelaksasi tubuh.

3. Menghindari makanan yang mengandung gas

Makanan seperti kol, brokoli, nangka, atau makanan fermentasi seperti tape dan sawi asin merupakan jenis makanan yang bisa menghasilkan gas. Gas yang dihasilkan makanan ini akan masuk ke dalam saluran pencernaan bisa memicu terjadinya kembung. Perut yang kembung akibat banyaknya gas dalam saluran pencernaan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Ketika ibu hamil mengalami perut kembung bisa memicu terjadinya rasa mual bahkan memuntahkan makanan yang masuk.

4. Menghindari makanan pedas

cara mengatasi mual saat hamil dengan hindari makanan pedas

Makanan pedas bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut terutama untuk ibu hamil yang memiliki masalah dengan lambungnya. Makanan pedas bisa meningkatkan produksi asam lambung dan membuat asam lambung naik. Kondisi ini bisa memicu rasa mual bahkan muntah yang parah (hyperemesis).

5. Minum air lemon hangat

Air lemon hangat bersifat basa sehingga bisa membantu menetralisir asam lambung yang berlebihan bagi ibu hamil yang memiliki masalah dengan asam lambung berlebihan. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon juga ikut membantu mengurangi rasa mual. Mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari sebelum makan bisa mengatasi mual-mual yang terjadi di pagi hari.

6. Minum air jahe hangat

Cara menghilangkan mual saat hamil bisa juga dengan jahe. Jahe mengandung minyak atsiri yang mampu melemaskan otot dan merelaksasi tubuh. Air jahe hangat bisa membuat perut terasa hangat sehingga bisa mengurangi rasa mual.

7. Tidak mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak

cara mengatasi mual saat hamil dengan tidak mengkonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak

Makanan berminyak dan berlemak lebih susah dicerna oleh lambung dan usus. Makanan ini lebih lama berada di dalam lambung sehingga bisa menyebabkan lambung terasa lebih penuh dan begah sehingga mampu memicu rasa mual

8. Menghindari aroma yang terlalu menyengat

Ibu hamil kadang sensitif dengan aroma tertentu. Aroma yang terlalu wangi hingga tidak sedap bisa menjadi pemicu rasa mual pada ibu hamil. Menghindari aroma yang terlalu menyengat bisa menjadi dalah satu cara mengatasi mual saat hamil.

9. Makan buah yang mengandung vitamin C

Buah merupakan makanan yang lebih mudah dicerna sehingga meringankan kerja alat pencernaan. Buah yang tinggi vitamin C bisa membantu mengurangi mual saat hamil karena vitamin C bisa meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh sehingga tubuh ibu hamil terasa lebih sehat dan segar.

10. Mengonsumsi vitamin B6

cara mengatasi mual saat hamil dengan mengkonsumsi vitamin b6

Vitamin B6 merupakan komposisi utama obat anti mual untuk ibu hamil. Salah satu manfaat vitamin ini adalah mengendalikan kerja hormon sehingga bisa membantu mengurangi mual pada ibu hamil. Pada dasarnya mual yang dialami ibu hamil karena adaptasi tubuh pada perubahan jumlah dan kerja hormon di awal masa kehamilan.

11. Melakukan rileksasi

Rileksasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi mual saat hamil. Rileksasi bisa membuat badan lebih tenang, tidak stres, dan badan terasa lebih segar. Kegiatan yang bisa dilakukan untuk merelaksasi tubuh misalnya mendengarkan musik klasik yang lembut, menghirup aromatherapy, mengikuti kelas senam yoga khusus untuk ibu hamil. Kegiatan ini bisa membuat badan lebih bugar dan mengurangi rasa mual.

12. Berbaring

Berbaring merupakan cara paling mudah ketika ibu hamil mulai merasakan mual. Dengan berbaring sambil mengatur pernapasan bisa membuat ibu hamil mengurangi rasa mualnya.

13. Menajemen stres

Pada awal kehamilan, tubuh harus beradaptasi dengan perubahan hormonal dengan munculnya hormon-hormon yang menunjang kehamilan. Hormon-hormon ini bisa mempengaruhi kondisi tubuh sehingga sering mual bahkan muntah. Kerja hormon sendiri sangat dipengaruhi oleh pikiran. Ketika ibu hamil mengalami stres bisa membuat kerja hormon semakin berantakan.

Cara mengurangi mual saat hamil adalah dengan mengatur pikiran yang positif dan menjauhi stres bisa membantu kerja hormon dalam tubuh bekerja dengan baik. Hal ini berpengaruh juga dalam mengatasi rasa mual.

14. Berolahraga pagi

Berolahraga bisa membuat tubuh ibu hamil tetap bugar selama masa kehamilan. Keuntungan berolahraga di pagi hari selain mendapatkan manfaat kebugaran dari olahraga juga menghirup lebih banyak oksigen. Di pagi hari, udara masih bersih sehingga oksigen masih melimpah karena aktivitas kendaraan bermotor juga belum terlalu banyak.

Rasa mual memang wajar terjadi pada ibu hamil terutama di awal-awal masa kehamilan atau trimester pertama. Ada banyak cara untuk mengatasi rasa mual dengan cara yang alami. Kadang dokter memberikan obat untuk mengatasi rasa mual yang terjadi, namun tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips dan cara mengatasi mual saat hamil di atas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.