Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Mudah Dan Aman

cara mengeluarkan dahak pada bayi
Sebagai orang tua tentunya menginginkan buah hati selalu dalam kondisi yang sehat. Apalagi bila mereka memiliki anak yang masih bayi dan terbilang rentan pada kondisi lingkungan sekitar. Penyakit yang sering terjangkit pada bayi seperti flu serta batuk umumnya juga disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Kedua penyakit ini terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi bayi, terutama ketika disertai dahak. Dahak adalah kumpulan lendir kental di saluran pernapasan saat seseorang mengalami batuk. Akibatnya, terjadi penumpukan dahak di saluran pernapasan yang harus segera dikeluarkan.

Dahak sebenarnya juga dibutuhkan untuk menjaga saluran pernapasan agar tetap bersih dan tidak kering. Namun, munculnya dahak saat batuk dan pilek justru berpotensi mengakibatkan terganggunya saluran pernapasan. Apalagi bila dahak tersebut muncul pada bayi dalam kondisi terserang batuk.

Ini Dia Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Mengeluarkan dahak akan menghindarkan bayi dari risiko tersedak, susah tidur, dan rewel. Berikut ini adalah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi yang disarankan untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi anda.

1. Mandi Air Hangat

cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan mandi air hangat

Dengan mandi air hangat, tubuh bayi akan otomatis merasa hangat dan memudahkan dahak yang masih terjebak di saluran pernapasan bisa keluar lebih cepat. Mandikan bayi dengan air hangat ketika mengalami batuk atau pilek. Namun, perlu diingat bahwa saat kondisi bayi sedang sakit usahakan agar jam mandi tidak terlalu pagi atau terlalu sore. Sesuaikan jam mandi serta usahakan agar bayi juga terkena sinar matahari pagi untuk beberapa menit agar kondisinya juga semakin hangat.

2. Menghangatkan Tubuh Bayi

Menjaga kondisi di sekitar bayi agar tetap hangat juga menjadi salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi. Mengapa demikian? Saat suhu tubuh disekitar bayi menghangat, secara otomatis bayi juga akan merasakan efek pada saluran pernapasannya. Dahak bisa lebih mudah dikeluarkan dengan cara ini.

3. Mengencerkan Dahak Dengan ASI

cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan asi

ASI merupakan cara menghilangkan dahak pada bayi yang paling mudah dan direkomendasikan. Dengan memberikan bayi asupan cairan yang banyak, maka dahak juga akan lebih mudah encer sekaligus keluar. Cobalah dengan memberikan ASI pada bayi anda ketika bayi mengalami batuk dan pilek yang disertai dahak. ASI membantu tubuh bayi agar lebih hangat dan menutrisi bayi lebih maksimal agar sistem imun bayi juga meningkat.

4. Minyak Telon

Minyak telon merupakan jenis minyak esensial yang paling disarankan bagi tubuh bayi. Minyak telon mengandung senyawa aktif yang mampu menghangatkan tubuh bayi dengan cepat. Untuk membantu dahak lebih encer dan mudah dikeluarkan, sebaiknya lebih sering mengoleskan minyak telon pada bagian tubuh bayi seperti punggung, dada, kaki dan perut bayi.

5. Uap Kayu Putih

Uap kayu putih bisa dibuat dengan menyediakan baskom kecil berisi air hangat. Teteskan beberapa bagian minyak kayu putih dan posisikan bayi agar bisa menghirup uap kayu putih tersebut memakai hidung mereka. Langkah ini aman dilakukan dan direkomendasikan untuk mengatasi dahak yang kental di saluran pernapasan bayi anda.

6. Asupan Gizi

cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan asupan gizi bayi

Bila bayi anda masih berusia dibawah 1 tahun atau masih mengonsumsi ASI, sebaiknya berikanlah ASI dalam porsi yang tepat untuk menunjang asupan gizi mereka. Namun ketika bayi sudah mampu menerima Makanan Pendamping ASI, maka anda bisa memberikan asupan gizi yang lebih pada jenis MPASI yang dikonsumsi bayi. Misalnya dengan menambahkan sayur pada bubur beras bayi atau dengan menambahkan madu pada bubur buah yang dikonsumsi bayi. Meningkatkan asupan gizi akan membantu mencukupi nutrisi bayi dan membuat sistem imun bayi menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit batuk atau pilek yang disertai dahak.

7. Posisikan Bayi Tengkurap

Memposisikan bayi tengkurap adalah langkah yang tepat ketika bayi anda mengalami batuk atau pilek dengan dahak yang mengganggu. Coba gunakan baskom berisi uap hangat disekitar anda dan bayi, kemudian posisikan bayi tengkurap sambil memijat punggung bayi agar dahak lebih mudah keluar.

8. Menepuk Punggung Bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang banyak dilakukan adalah dengan menepuk punggung bayi secara lembut. Posisikan bayi secara tengkurap dan tepuk bagian punggung bayi dengan tepukkan yang lembut. Cara ini efektif untuk mengeluarkan dahak pada bayi, apalagi bila disertai dengan uap hangat di sekitar bayi.

9. Memijat Punggung Bayi

Punggung bayi merupakan bagian yang bisa anda pijat ketika bayi mengalami batuk atau pilek yang disertai dahak. Untuk memijat punggung bayi, gunakan beberapa macam minyak esensial seperti minyak telon, minyak kelapa, atau minyak kayu putih. Pemijatan bisa dilakukan secara perlahan untuk membuat bayi lebih nyaman.

10. Bawang Merah

cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang merah

Bawang merah bisa menjadi pilihan anda untuk mengatasi dahak pada bayi. Cara mengeluarkan lendir pada bayi dengan bawang merah adalah melakukan pemijatan ringan di punggung serta kaki bayi. Balurkan bawang merah yang telah diiris dan dicampur dengan minyak kelapa terlabih dulu. Usapkan pada punggung serta betis bayi untuk membuatnya nyaman dan mengencerkan dahak dengan mudah.

11. Kapas Basah

Kapas basah memiliki fungsi yang lembut untuk membantu bayi lebih mudah bernapas. Lendir dahak yang mengental dan kering pada hidung bayi juga harus dibersihkan agar lebih mudah bagi bayi mengeluarkan dahaknya. Gunakan kapas basah untuk membersihkan bagian hidung bayi secara lembut.

12. Madu

Untuk bayi yang sudah berusia diatas satu tahun, boleh dicoba untuk memberikan madu sebagai cara mengeluarkan dahak tersebut. Anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat secukupnya dan berikan pada bayi. Madu mengandung vitamin C alami yang akan membantu menghangatkan tubuh bayi perlahan dan juga berfungsi mengencerkan dahak pada bayi agar mudah dikeluarkan.

13. Tinggikan Posisi Kepala Bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi selanjutnya adalah dengan meninggikan posisi kepala si bayi ketika mereka tertidur. Seperti yang kita ketahui bahwa dahak seringkali membuat tidur bayi terganggu. Untuk mengatasinya agar mudah dikeluarkan adalah dengan meninggikan posisi bayi memakai beberapa lapis handuk di bawah bantal. Akan tetapi, sebaiknya cara seperti ini hanya dilakukan pada bayi dengan usia diatas satu tahun.

Beberapa langkah diatas adalah cara alami untuk membantu megeluarkan dahak pada bayi yang berusia 0-1,5 tahun. Anda bisa mencoba langkah tersebut dengan aman sebelum memutuskan membawa bayi ke dokter. Mengatasi dahak pada bayi dengan cara alami lebih direkomendasikan untuk anda agar bayi tidak bergantung pada pengobatan medis yang juga menimbulkan efek samping bagi mereka. Kenali penyebab bayi mengalami batuk dan pilek yang disertai dahak, sehingga anda bisa lebih mewaspadai agar penyakit yang sama tidak datang kembali.

Itulah langkah yang tepat saat mengatasi dahak pada bayi. Terapkan cara mengeluarkan dahak pada bayi tersebut agar bayi lebih nyaman dan bisa beristirahat dalam proses pemulihan batuk yang diderita. Selamat mencoba ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.