Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

16 Cara Mengobati Darah Rendah Dengan Cepat dan 100% Alami

cara mengobati darah rendahNormalnya, tekanan darah pada manusia adalah 90/60 mmHg. Seseorang dengan tekanan darah 130/80 mmHg atau bahkan lebih, bisa dikategorikan sedang mengalami Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedangkan orang dengan tekanan darah di bawah 90/60 mmHg masuk ke dalam kategori Hipotensi atau tekanan darah rendah. Penyakit tekanan darah rendah banyak terjadi karena kurangnya asupan darah ke otak maupun organ vital lainnya. Gejala yang ditimbulkan antara lain :

  • Pening atau badan terasa ringan
  • Pingsan
  • Penglihatan kabur
  • Detak jantung lebih cepat dari biasanya dan irama tidak teratur
  • Merasa kebingungan
  • Susah fokus dan konsentrasi
  • Lemah
  • Merasa kedingingan
  • Mual atau merasa tidak enak badan

Dan masih banyak lagi ciri-ciri yang ditimbulkan jika Anda terserang Tekanan Darah Rendah

Penanganan dini dari tekanan darah rendah memang sangat diperlukan untuk mencegah timbulnya sesuatu yang tidak diinginkan. Namun, mengonsumsi obat ketika darh rendah mengancam bukanlah ide yang baik. Alangkah baiknya jika Anda mencoba pengobatan secara alami. Sealain tidak menimbulkan efek samping, bahan-bahan alami di bawah ini sangat mudah didapatkan. Hanya saja, ketelatenan Anda sangat diperlukan untuk mengonsumsi nya secara rutin.

Ini Dia Cara Mengobati Darah Rendah Yang Alami

Berikut ini daftar dari makanan-makanan yang berkhasiat untuk mengobati penyakit darah rendah.

1. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan adalah salah satu bahan yang bisa membantu mengatasi darah rendah. Kacang-kacangan termasuk makanan yang mudah dicerna, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah. Jadi, untuk para penderita darah rendah, bisa mulai mencoba mengonsumsi kacang-kacangan untuk terapi penyembuhan. Daripada langsung mengonsumsi obat.

2. Air putih

Selain untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh, ternyata air putih juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit. Salah satunya adalah darah rendah. Konsumsi air putih sehari adalah sebanyak 8 gelas. Fungsi lain dari air putih adalah sebagai detoksifikasi atau membuag racun yang ada pada tubuh manusia. Selain itu, air putih juga bisa memperlancar peredaran darah, sehingga tensi Anda akan mengalami peningkatan.

3. Daging dan Hati Ayam

cara mengobati darah rendah dengan daging dan hati ayam

Makanan selanjutnya yang disarankan bagi penderita darah rendah adalah daging dan hati ayam. Dimana pada kedua bagian tersebut, terdapat protein hewani yang cukup tinggi. Hal itu bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh Anda. Selain itu, protein pada daging dan hati ayam juga diperlukan untuk memperlancar peredaran darah.

4. Roti dan Sereal

Roti dan Sereal ternyata juga termasuk dalam daftar bahan alami penyembuh darah rendah. Roti dan sereal yang berbahan dasar gandum sangat cocok digunakan karena gandum sendiri memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi tersebut yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh dan mengurangi adanya risiko tubuh mengalami darah rendah.

5. Minum Kopi

cara mengobati darah rendah dengan minum kopi

Apakah Anda termaksuk pecinta kopi? Ternyata, kopi merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi darah rendah. Para penderita darah rendah disarankan untuk mengonsumsi 2 gelas kopi per hari untuk membantu mengatasi masalah darah rendah. Selain itu, kandungan kafein pada kopi bisa membuat Anda menjadi lebih segar. Energi Anda yang sebelumnya terhalangi akibat rasa lemas dari darah rendah, bisa kembali muncul jika diberi kafein.

6. Wortel

Vitamin A yang terkandung di dalam wortel selain untuk mengobati mata minus maupun silinder, ternyata juga bisa dijadikan alternatif untuk mengobati penyakit tekanan darah rendah. Cara mengonsumsinya bisa dengan dijadikan jus maupun dikonsumsi secara langsung setelah dibersihkan.

7. Lemon

cara mengobati darah rendah dengan lemon

Seperti yang kita tahu, Vitamin C dari lemon biasa digunakan untuk merawat kulit. Namun, lemon pun bisa digunakan sebagai obat dari tekanan darah rendah. Cobalah untuk mengonsumsi lemon dengan cara di jus atau dibuat minuman segar atau infuse water untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah Anda.

8. Daun Kemangi

Daun yang biasa digunakan sebagai lalapan ini juga bisa jadi pilihan Anda untuk dijadikan obat penyakit darah rendah. Anda boleh mengonsumsi kemangi secara langsung atau dimakan sebagai lalapan. Selain itu, bau khas pada kemangi ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut.

9. Buah Naga

cara mengobati darah rendah dengan buah naga

Buah penuh biji dan berkuit seperti naga ini ternyata juga mmapu untuk mengatasi Tekanan Darah Rendah. Buah naga emmiliki 2 varian warna yaitu merah keunguan dan putih. Keduanya bisa digunakan sebgai obat tekanan darah rendah.

10. Tapak Liman

Tanaman ini biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mulai dari yang ringan maupun berat. Salah satu penyakit yang biasa diatasi dengan audn tapak liman adalah tekanan darah rendah. Tak banyak yang mengetahui tanaman ini. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda menyimpan persediaan tanaman ini. Agar saat terserang darah rendah, Anda tidak bingung mencarinya lagi.

11. Kurangi gula dan Alkohol

Mengonsumsi gula dan alkohol terlalu banyak menyebabkan darah naik begitu cepat. Bagi para penderita darah rendah, kenaikan darah yang terlalu drastis tidak baik. Oleh karena itu, tidak disarankan bagi penderita darah rendah untuk terlalu banyak mengonsumsi gula dan alkohol.

12. Kulit Manggis

Banyak sekali manfaat dari kulit manggis. Selain digunakan untuk menurunkan kolesterol, kulit manggis juga bisa menjadi obat dari penyakit darah rendah. Saat ini sudah banyak sekali ekstrak kulit manggis yang mudah didapatkan.

13. Pisang

Cara mengobati darah rendah bisa dengan buah pisang. Buah pisang juga bisa membantu mengobati penyakit tekanan darah rendah. Buah pisang yang bisa dugunakan adalah semua jenis. Mulai dari pisang ambon, susu, raja maupun pisang kepok. Buah yang bisa dinikmati semua kalangan ini bisa sangat membantu saat Anda mengalami darah rendah.

14. Buah Jeruk

Buah yag kaya akan Vitamin C ini, memiliki banyak manfaatt bagi tubuh. Salah satunya bisa digunakan untuk mengobati tekanan daah rendah. Mengonsumsi buah jeruk untuk mengobati darah rendah bisa dengan dimakan langsung atau direbus lalu dijadikan minuman. Makan buah jeruk secara teratur agar hipotensi bisa teratasi. Mengonsumsi buah jeruk ini tidak menimbulkan efek sambaing.

15. Kurma

Makanan yang berasal dari kota suci ini juga masuk dalam daftar makanan yang bisa membantu menyembuhkan darah rendah. Memakan langsung kurma secara teratur bisa mengembalikan tekanan darah Anda menjadi normal kembali. Konsumsi kurma secara teratur untuk hasil yang maksimal.

16. Kismis

Dibalik bentuknya yang tidak teratur dan kecil, ternyata kismis sangat ampuh untuk mengobati darah rendah. Bagi penderita darah rendah bisa mengatasinya dengan mengonsumsi kismis ini agar tekanan darah bisa kembali normal.

Nah.. itulah beberapa tips mengenai cara mengobati darah rendah secara alami. Darah rendah bukan penyakit yang bisa disepelekan. Jika sudah parah akan banyak penyakit yang menyusul nantinya. Oleh karena itu, segera tangani jika Anda terserang darah rendah. Dahulukan pengobatan alami selama penyakit belum parah agar tidak ada risiko yang harus Anda tanggung di kemudian hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.