Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Mengobati Mata Minus Dengan Cepat, Tradisional Dan Terbukti Mujarab

cara mengobati mata minusApakah Anda juga termasuk penderita mata minus? Mata minus sangat umum terjadi baik pada anak-anak, remaja, maupun dewasa. Mata minus merupakan penyakit mata rabun jauh. Dimana penderitanya tidak bisa melihat benda yang berada di jarak jauh dengan ukuran tertentu. Tergantung besarnya minus.

Walau mata minus merupakan penyakit yang tak langka lagi, namun penderita mata minus akan sangat tidak nyaman. Pasalnya, mereka hanya bisa melihat benda dengan jelas dengan menggunakan bantuan kacamata dengan lensa tertentu sesuai besarnya minus. Memakai kacamata dimanapun dan kapanpun bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Akan ada rasa lelah atau pusing bagi yang belum terbiasa.

Inilah Cara Mengobati Mata Minus Yang Ampuh

Para penderita mata minus banyak menempuh jalan medis maupun alami untuk menyembuhkan mata minus. Ada yang sampai melakukan bedah laser untuk mendapatkan penglihatan yang kembali normal. Benar-benar menyiksa bukan??

Apakah ada cara mengobati mata minus selain menggunakan laser? Mengobati mata minus bisa dengan cara alami atau herbal. Memang perubahannya tidak se-drastis dengan cara operasi atau laser. Namun setidaknya, cara alami ini bisa dicoba bagi kalian yang takut untuk menempuh jalan medis atau belum punya biaya. Mengingat biaya untuk pengobatan mata minus dengan laser tidak murah.

Berikut ini beberapa cara mengobati mata minus dengan terapi alamiah, antara lain:

1. Melatih Mata Melihat Objek Jauh

cara mengobati mata minus dengan melatih mata melihat jarak jauh

Mata minus kana semakin buruk jika Anda terlalu sering menatap layar komputer atau televisi. Ada baiknya Anda mulai melatih mata dengan melihat objek yang jauh. Seperti pemandangan gunung atau sawah. Warna alami pemandangan bisa membuat mata Anda lebih rileks.

2. Latihan Senam Mata

Senam mata merupakan cara efektif untuk mengurangi atau bahkan menyebuhkan mata minus. Senam mata biasa dilakukan oleh para penderita miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), mata stress, dan lain-lain.
Manfaat dari melakukan senam mata ini adalah melatih fokus mata, menguatkan otot mata, melancarkan pergerakan otot atau bola mata, mengatasi mata kering, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Cara melakukan senam mata pun cukup mudah dan tidak memerlukan alat. Cukup dengan cara berikut :

  1. Melihat objek bergantian jauh dekat dengan 1 mata. Sedangkan mata yang lain di tutup.
  2. Setelah 5 menit, lakukan hal yang sama pada mata satunya
  3. Fokus pada satu objek. Misalnya paku di dinding. Jangan sampai focus Anda tergeser
  4. Lakukan penguatan otot mata dengan menggerakkan bola mata sesuai irama. Seperti ke kiri lalu kanan atau sebaliknya.
  5. Membaca tulisan di dinding. Buatlah tulisan yang ditempelkan di dinding lalu duduklah dengan tegap. Bacalah tulisan tersebut dengan menggerakkan bola mata tanpa menggerakkan kepala Anda.
  6. Terapi selanjutnya adalah dengan membuat garis vertikal dan horizontal dengan bola mata Anda. Caranya, pejamkan mata sesaat , lalu buka dan gerakkan bola mata ke atas dan bawah hingga membentuk garis vertikal. Ketika bola mata berada di atas 4, tariklah nafas. Ketika sudah sampai di bawah hembuskan. Lakukan hal serupa dengan garis horizontal.

3. Terapi Melihat Lilin

cara mengobati mata minus dengan terapi melihat lilin

Tetapi melihat lilin adalah latihan untuk meningkatkan fokus mata Anda. Caranya mudah sekali. Nyalakan lilin dan letakkan di meja tepat di hadapan Anda. Fokuskan penglihatan Anda pada gerakan lilin tanpa berkedip sekalipun. Tunggu hingga Anda mengeluarkan air mata baru Anda boleh berkedip. Lakukan treatment ini sebanyak 4 atau 5 kali dalam seminggu secara rutin sampai minus Anda berkurang atau bahkan sembuh.

4. Mengonsumsi Buah Alpukat

Buah Alpukat mengandung senyawa zeaxanthin dan juga lutein yang bisa memberi perlindungan terhadap lapisan makula. Perlindungan ini akan membantu memelihara mata minus agar tidak membutuk. Senyawa karoteinoid pada alpukat bermanfaat untuk melindungi mata dari serangan radikal bebas

5. Tambahkan Bawang Putih dan Bawang Merah pada Masakan Anda

cara mengobati mata minus dengan masakan bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan merah biasanya hanya digunakan sebagai bumbu pelengkap pada makanan. Tetapi, ternyata bawang putih bisa membantu mengobati penyakit mata minus. Bawang putih memiliki beberapa nutrisi penting untuk mata seperti vitamin C, quercetin dan selenium bisa membantu kesehatan mata secara menyeluruh. Selalu rutin mengonsumsi bawang putih bisa mengobati mata sakit akibat kelelahan.

Sedangkan dalam bawang merah terdapat kandungan bahan karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein serta Vitamin A yang akan membuat mata menjadi lebih sehat. Vitamin A berguna untuk melawan infeksi. Biasanya ketika Anda sedang mengupas atau mengiris bawang, akan terasa perih di mata sampai mata berair. Hal itu sebenarnya bagus karena bisa membersihkan kotoran di mata Anda.

6. Makan Telur

Cara menyembuhkan mata minus dengan rajin mengkonsumsi telur. Di dalam telur terdapat beberapa senyawa seperti bahan antioksidan yang bisa melawan gerakan radikal bebas. Telur juga mengandung bahan nutrisi yang penting untuk melindungi mata, sama seperti pada bawang putih, misalnya Vitamin A, zeaxanthin dan lutein. Vitamin A bisa membantu mengatasi peradangan pada mata minus. Sementara zeaxanthin dan lutein akan membantu mengurangi resiko kerusakan pada lapisan makula dan mengurangi resiko mata rusak karena faktor usia.

7. Konsumsi Kacang-Kacangan

cara mengobati mata minus dengan mengkonsumsi kacang kacangan

Vitamin E pada kacang bisa membantu menyembuhkan mata yang rusak akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan mata. Jenis kacang-kacangan yang bisa digunakan sebagai obat adalah kacang panjang kacang rebus atau yang lainnya

8. Biasakan membaca dengan lampu yang terang

Membaca tulisan di tempat yang gelap akan membuat lensa mata bekerja lebih keras. Hal itu tidak baik jika terjadi terus menerus. Rubahlah kebiasaan buruk Anda jika tak ingin mata minus bertambah parah.

9. Mengonsumsi Sayur Bayam

Sayur bayam sudah terkenal manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Zat beta karoten dalam sayur bayam bisa membantu tubuh dalam menyerap vitamin A yang didapatkan dari jenis sayuran atau bahan lainnya. Bahkan jika Anda mengkonsumsi bayam secara rutin, hal tersebut bisa mengurangi adanya resiko penyakit mata lain seperti peradangan pada kornea mata dan iritasi.

10. Jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung

Mata minus yang terkena paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat kondisi lensa dan retina menjadi tidak sehat. Sinar matahari yang terkena mata diterima sebagai radikal bebas. Oleh karena itu, sangat bahaya jika mata minus sering terkena paparan sinar matahari

11. Mengonsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki banyak nutrisi dan manfaat. Termasuk untuk mengobati mata minus. Dalam ikan salmon terdapat kandungan asam lemak omega 3 dan senyawa asam amino yang bisa menjaga agar mata tidak kelelahan.

Demikian beberapa cara mengobati mata minus dengan mengonsumsi makanan tertentu dan menghindari penyebab mata minus. Usahakan Anda bukan termasuk orang yang memakai kacamata sejak dini. Jika sudah terlanjur segera obati, agar tidak bertambah parah dari hari ke hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.