Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

6 Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat Dan Tradisional

cara menurunkan darah tinggiKetika memasuki usia 50 tahun ke atas, berbagai penyakit lebih rentan menyerang tubuh Anda. Salah satunya adalah darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah hipertensi. Dimana penyakit yang sebenarnya tak hanya dapat menyerang orang usia lanjut namun juga mereka yang masih muda ini dapat disebabkan karena berbagai faktor.

Salah satunya yaitu pola makan yang tidak baik. Seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak sehingga menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah dan menyebabkan plak. Ketika darah tinggi tidak ditangani dengan cepat dan tepat, berbagai penyakit berbahaya lain juga akan dengan mudah menyerang, seperti jantung, stroke dll.

Ini Dia Cara Menurunkan Darah Tinggi Yang Ampuh

Mengatasi darah tinggi bisa dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami selain aman tidak akan menyebabkan efek samping berbahaya, obat kimia bisa berakibat ketergantungan jangka panjang. Nah berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi dan bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Perbanyak olahraga

cara menurunkan darah tinggi dengan perbanyak olahraga

Salah satu penyebab darah tinggi yang mungkin tanpa disadari oleh masyarakat Indonesia kebanyakan yaitu kurangnya aktifitas fisik atau olahraga. Mereka cenderung lebih memilih menghabiskan waktu untuk bermain gadget, menonton TV, pergi ke mall atau kegiatan yang kurang bermanfaat lainnya.

Sebenarnya mengapa Anda sangat disarankan untuk memperbanyak olahraga? Sebab ketika seseorang dengan riwayat darah tinggi lebih kurang melakukan kegiaan fisik, penumpukan lemak dalam tubuhnya akan semakin banyak dan hal ini akan berpengaruh pada presentase meningkatkan serangan jantung maupun stroke akibat penyumbatan pembuluh darah.

Anda bisa memperbanyak olahraga sehingga tumpukan lemak dalam tubuh akan berkurang dan penyumbatan pembuluh darah dapat terhindarkan. Cara ini bisa Anda lakukan setidaknya 30 menit perhari, baik jogging, bersepeda, senam atau olahraga lainnya.

2. Hindari Junk Food

cara menurunkan darah tinggi dengan menghindari makanan junk food

Sudah bukan rahasia lagi jika junk food atau makanan cepat saji seperti burger, hotdog, kentang goreng bahkan minuman bersoda adalah makanan dengan dengan kandungan bahan pengawet tinggi, dan hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, junk food juga cenderung memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi dan harus dihindari. Bukan hanya dapat menyebabkan obesitas, namun mengonsumsi junk food setiap hari atau setidaknya 3 kali dalam seminggu juga akan meningkatkan resiko penyakit berbahaya akibat darah tinggi. Anda bisa mencoba untuk mengganti makanan-makanan lezat ini dengan makanan rumahan yang diolah lebih sehat dan dengan bahan-bahan fresh tentunya.

3. Buah

Tahukan Anda untuk menurunkan darah tinggi tidak selalu dengan cara yang sulit dan menyiksa? Ya, Anda juga bisa mencoba cara menurunkan tekanan darah tinggi paling efektif dengan memperbanyak mengonsumsi buah-buahan. Dimana buah-bauhan tersebut memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan tekanan darah serta mengurangi presentase serangan penyakit berbahaya akibat darah tinggi.

Dan berikut beberapa buah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Alpukat, buah dengan kandungan serat, kalsium, vit C dan vit E yang begitu tinggi ini bisa Anda konsumsi baik secara langsung atau diolah menjadi jus, salad atau lain sebagainya.
  • Blewah, buah yang banyak diolah menjadi es ini pun tak hanya kaya akan serat dan air namun juga potassium yang mampu menurunkan darah tinggi dengan cepat.
  • Kiwi, juga merupakan buah dengan kandungan vit C serta antioksidan yang begitu tinggi dan bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.
  • Semangka, satu lagi buah dengan kandungan air tinggi yang juga memiliki kandungan vit A, kalium serta lycopene yang akan menetralkan tekanan darah begitu cepat.
  • Mengkudu, meskipun memiliki rasa yang pahit namun buah ini akan sangat ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Cara menggunakan mengkudu adalah dengan merebusnya kemudian minum air rebusan tersebut setiap hari.
  • Jeruk, salah satu buah dengan kandungan vit C tertinggi serta potassium dna kalium yang mampu mengontrol tekanan darah dengan baik.
  • Anggur, siapa sih yang tak suka dengan anggur? Selain begitu lezat, anggur juga memiliki kandungan bioflavonoid dna kalium yang aman menurunkan tekanan darah Anda.
  • Blueberry, salah satu jenis berry-berryan dengan kandungan antioksidan tertinggi ini juga sangat efektif untuk menurunkan tekana darah tinggi.
  • Melon, merupakan buah dengan kandungan potassium tinggi yang pastinya mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat dan efektif.

4. Sayur

cara menurunkan darah tinggi dengan sayur sayuran

Cara mengobati darah tinggi selain memperbanyak mengonsumsi buah-buahan diatas, Anda juga sangat disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi sayur-sayuran, seperti.

  • Seledri, sayur dengan aroma harum ini terbukti memiliki kandungan kalsium dna kalium yang begitu dibutuhkan penderita tekanan darah tinggi.
  • Tomat, juga memiliki kandungan vit C, kalsium dan kalium yang tak kalah tingginya.
  • Bayam, selain tinggi serat sayuran hijau ini juga memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mentimun, Anda bisa mengonsumsi mentimun setiap hari baik dalam kondisi segar maupun direbus untuk menurunkan tekanan darah secara cepat.
  • Kedelai, pun memiliki kandungan kalium yang begitu tinggi, juga kandungan magnesium. Cara menurunkan darah tinggi dengan kedelai dapat dilakukan dengan merebusnya atau mengolahnya menjadi makanan lezat.
  • Kentang, salah satu sayur yang hanya tumbuh di dataran tinggi ini pun mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan kandungan magnesium dan potasiumnya yang tinggi.
  • Bawang putih, ya bumbu dapur satu inipun dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus mencegah pembekuan darah.

5. Ubah pola hidup

Selain pola makan, pola hidup yang kurang teratur juga dapat menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Semisal waktu tidur yang tidak terpenuhi dan dengan qualitas tidur yang buruk, banyak mengonsumsi minuman bersoda dan alcohol, merokok serta kebiasaan buruk lainnya.

Kebiasan tersebut bahkan tak hanya beresiko meningkatkan tekanan darah tinggi namun juga memicu berbagai penyakit akut lain. Jadi untuk menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Anda lakukan adalah dengan merubah pola hidup tersebut ke pola hidup yang lebih sehat.

6. HIndari Strees

Satu lagi penyebab tekanan darah tinggi yang sering kali diabaikan dan tidak disadari para penderitanya, yaitu tekanan psikologi sehingga menyebabkan stress maupun depresi. Dimana ketika seseorang mengalami tekanan, aliran darah ke otak tidak akan lancar dan sangat rentan dengan pecahnya pembuluh darah ke otak.

Hal ini tentu sangat bersangkutan dengan tekanan darah yang begitu mudah naik. Bahayanya, semakin tekanan darah Anda naik maka akan semakin tinggi pula resiko pecahnya pembuluh darah yang dapat mengakibatkan stoke.

Untuk itu, buatlah diri Anda serileks mungkin dan minimalisir pikiran-pikiran yang membuat Anda stress. Lakukan pelatihan emosi dan penenangan diri ketika berbagai masalah menekan pikiran dan batin Anda. Sebab dengan cara menurunkan darah tinggi satu ini, bukan hanya kesehatan tubuh yang akan terjaga namun juga kesehatan psikologi/mental Anda. Jadi yang terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh terutama dari penyakit tekanan darah tinggi adalah pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan untuk menurunkan darah tinggi yang telah disebutkan diatas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.