Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

16 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi Yang Harus Dihindari

makanan yang mengandung kolesterol tinggiKolesterol tinggi banyak ditakuti sebagai pemicu utama munculnya penyakit-penyakit mematikan seperti jantung koroner, stroke, diabetes, dan berbagai jenis penyakit lainnya. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah sebenarnya disebabkan oleh produksi lemak berlilin pada organ hati yang dikarenakan konsumsi makanan tertentu. Lemak inilah yang kemudian membuat organ hati tidak berfungsi dengan baik serta menyumbat aliran darah dan mengakibatkan tingginya kadar kolesterol.

Ini Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi Yang Harus Dihindari

Bagi anda yang takut dengan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, sebaiknya menghindari konsumsi berlebihan makanan ini. Apa saja makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan wajib anda batasi konsumsinya? Berikut ulasannya untuk anda!

1. Udang

Udang merupakan salah satu jenis seafood yang mengandung kolesterol cukup tinggi. Kadar kolesterol pada 100 gram udang adalah sekitar 195 mg. Meskipun kaya akan mineral dan vitamin, tentunya bagi anda penderita kolesterol tinggi harus berhati-hati mengonsumsi menu yang terbuat dari udang.

2. Daging Merah

Beberapa jenis daging merah seperti daging babi dan daging kambing ternyata juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Kadar kolesterol pada jenis daging merah ini hampir setara dengan es krim, susu, dan makanan lain dengan kadar kolesterol sedang. Untuk 100 gram daging merah terutama babi, mengandung sekitar 70mg kolesterol. Sementara untuk daging sapi mengandung 105mg kolesterol per 100 gramnya.

3. Makanan Cepat Saji

makanan yang mengandung kolesterol tinggi dengan makanan siap saji

Makanan cepat saji yang banyak dijual diluar ternyata bukan hanya tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh. Semua jenis makanan cepat saji juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi dan membahayakan bagi tubuh bila dikonsumsi terus-menerus. Pada setiap 100 gram makanan cepat saji, tersimpan sekitar 172mg kolesterol yang tentunya berisiko mengundang ancaman penyakit lainnya.

4. Daging Olahan

Daging olahan yang dimaksudkan pada poin ini adalah sosis, beef dan aneka olahan lainnya yang biasa dikemas pada kaleng. Daging olahan ini menyimpan sekitar 158 mg kolesterol setiap 100 gram. Jumlah ini juga merupakan kadar tinggi kolesterol yang sebaiknya dihindari lebih dini.

5. Keju

Jenis makanan yang nikmat ini rupanya mengandung kolesterol yang tinggi dan berbahaya bola dikonsumsi tanpa batasan. Bagi ada penyuka keju sebaiknya cukup mengonsumsi 50-70 gram keju saja, karena pada 100 gram keju terkandung 105 mg kolesterol yang memicu penyakit berbahaya.

6. Kerang

Seafood yang satu ini juga kaya akan kandungan kolesterol jahat atau yang dikenal dengan LDL. Kadar kolesterol dalam 100 gram kerang mentah adalah sekitar 105 mg lho! Jumlah ini sudah masuk 35% dari kebutuhan kolesterol harian.

7. Mentega

Kandungan kolesterol dalam mentega atau butter ini diperkirakan adalah 215 mg setiap 100 gramnya. Untuk kebutuhan kolesterol harian tubuh, maka mentega sudah mampu memenuhi kadar yang dibutuhkan sekitar 72%. Bagi anda penderita kolesterol sebaiknya mulai membatasi konsumsi makanan yang mengandung mentega seperti roti atau jenis menu lainnya.

8. Kuning Telur

makanan yang mengandung kolesterol tinggi dengan kuning telur

Meskipun kaya akan protein dan vitamin, ternyata telur juga memiliki bahaya bila dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita kolesterol tinggi. Kuning telur mengandung sekitar 1.234 mg kolesterol setiap 1 ons0-nya. Kadar ini merupakan kadar yang sangat tinggi dari menu lainnya karena bisa melebihi kolesterol harian mencapai 411%. Namun, bagi anda penggemar telur masih bisa mengonsumsi putih telur tanpa batasan karena putih telur dipercaya aman dari ancaman kolesterol.

9. Telur Ikan

Pernah mengonsumsi telur ikan? Nah, sebaiknya saat anda menderita kolesterol cukup tinggi tidak lagi mengonsumsi telur ikan yang ternyata mengandung jumlah kolesterol yang besar. Kadar kolesterol dalam 100 gram telur ikan (apapun jenisnya) adalah sekitar 588mg. Jumlah ini tentunya sangat berisiko bila anda juga memiliki riwayat penyakit lain seperti hipertensi.

10. Kategori Unggas

Jika ayam tidak seberapa mengandung kolesterol, jenis unggas lainnya justru mengandung kolesterol yang masuk dalam kategori tinggi. Seperti burung dara, burung puyuh, yang juga banyak menjadi masakan khas di tanah air. Kandungan kolesterol kedua jenis unggas tersebut setara dengan daging sapi lho! Dalam 100 gram daging burung puyuh dan burung dara mengandung sekitar 100mg lebih kolesterol.

11. Daging Dengan Lemak

makanan yang mengandung kolesterol tinggi dengan daging dan lemak

Daging merah yang juga dipenuhi dengan lemak adalah peringatan bagi anda semua yang menderita kolesterol tinggi. Daging dengan gajih atau lemak ini sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu berlebihan atau boleh sesekali saja. Daging dengan lemak merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi dengan kadar 125mg setiap 100gram-nya.

12. Kepiting

Banyak orang yang takut mengonsumsi kepiting karena kadar kolesterol didalamnya yang cenderung tinggi. Hal tersebut memang benar adanya karena kepiting menjadi seafood dengan tingkat kolesterol yang lebih tinggi dari daging berlemak yaitu sekitar 150 mg per 100 gram dagingnya.

13. Lobster

Ada kategori seafood lain seperti lobster dan rajungan yang ternyata menjadi peringatan bagi penderita kolesterol tinggi. Kedua jenis seafood ini ternyata memiliki tingkat kolesterol yang berada di angka 160mg per 100 gram. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan daging sehingga anda harus berhati-hati mengonsumsinya.

14. Jeroan

makanan yang mengandung kolesterol tinggi dengan jeroan

Jeroan adalah jenis makanan kolesterol tinggi dan tidak boleh dikonsumsi meski hanya sekali. Jeroan sapi, jeroan kambing, jeroan ayam, jeroan kerbau, merupakan makanan yang berbahaya dikonsumsi karena kadar kolesterolnya yang berkisar antara 300mg-600mg setiap 100 gram. Konsumsi makanan jenis ini bisa berhaya bagi penderita kolesterol tinggi karena akan menimbulkan serangan jantung atau stroke mendadak.

15. Minuman Susu dan Kopi

Susu tanpa lemak mungkin bisa aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Akan tetapi jenis minuman susu tertentu dan kopi dengan campuran krimmer justru menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Susu sapi full cream hingga kopi full cream ternyata mengandung tingkat kolesterol hingga 300mg setiap 100 ml minuman.

16. Teknik Pengolahan Makanan

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga bisa dikarenakan proses pengolahannya. Teknik pengolahan makanan yang digoreng dengan minyak, mentega atau lemak hewani ternyata mengandung kolesterol yang lebih tinggi dan memicu serangan jantung. Selain makanan yang digoreng, ada juga makanan dengan kandungan garam tinggi, makanan yang terlalu manis, dan makanan yang diolah oleh pabrik. Biasanya jenis makanan olahan seperti snack, sosis, daging kaleng atau minuman kaleng mengandung bahan kimia tertentu yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa jenis makanan diatas merupakan makanan yang harus dihindari untuk anda penderita kolesterol tinggi. Membatasi asupan jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan membantu anda menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah dan menjalani pola hidup sehat yang menguntungkan. Penuhi asupan nutrisi harian anda dan pastikan untuk menjalani berbagai pola hidup sehat untuk lebih sehat setiap saat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.