Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

18 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Yang Wajib Anda Konsumsi

makanan yang mengandung protein
Protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk banyak proses penting dalam metabolisme. Terdiri dari residu asam amino, protein memiliki fungsi sebagai pembentuk reaksi metabolisme yang dilakukan tubuh untuk berlangsung hidup.Selain itu, protein juga berguna dalam proses pengangkutan molekul penting dari masing-masing organ tubuh. Banyak jenis makanan yang mengandung protein dan bisa dikonsumsi secara seimbang. Dengan mengonsumsi berbagai makanan kaya protein, metabolisme tubuh juga bisa menjadi lancar kembali.

Inilah Jenis Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan berprotein tinggi selama ini yang kita ketahui mungkin hanya sebatas telur dan ikan saja. Padahal masih banyak jenis buah dan sayur serta makanan lainnya yang mengandung protein dalam jumlah cukup tinggi. Apa saja makanan yang mengandung protein dan bisa dikonsumsi untuk menambah asupan protein dalam tubuh? Berikut infonya untuk anda!

1. Gandum

Gandum bisa dikatakan sebagai makanan dengan kadar protein yang cukup tinggi. Kandungan protein pada sereal ini setara dengan yang terdapat dalam kacang-kacangan seperti kedelai dan almond. Untuk 100 gram gandum, tersimpan sekitar 16,9 gram protein yang menjadi kadar tertinggi dari jenis sereal lainnya.

2. Beras

Beras sudah menjadi makanan pokok tanah air yang memang memiliki banyak kandungan bermanfaat selain karbohidrat. Ada vitamin B yang juga dikombinasikan dengan protein dan berguna sebagai penghasil energi tubuh. Kandungan protein yang tersimpan dalam 100 gram beras adalah sekitar 7,13 gram.

3. Bayam

makanan yang mengandung protein yaitu bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang sangat direkomendasikan pakar kesehatan karena banyak terdapat senyawa penting didalamnya. Bayam mengandung nutrisi penting berupa karbohidrat, zat besi, dan protein yang kadarnya mencapai 2,9 gram setiap 100 gram bayam.

4. Kacang-Kacangan

Jenis kacang tertentu seperti kedelai dan kacang hijau bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein yang jumlahnya cukup tinggi. Protein dalam kedua jenis kacang tersebut setara dengan kandungan protein pada telur dan daging. Dalam kacang kedelai, protein yang dihasilkan setiap 100 gram adalah sekitar 35 gram, sedangkan dalam kacang hijau jumlah protein yang terdapat dalam 100 gram adalah 3 gram.

5. Telur Ayam

Telur ayam sangat populer sebagai makanan yang mengandung protein tinggi. Namun, ada yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan yaitu kuning telur yang ternyata mengandung kolesterol cukup berbahaya. Putih telur ayam bisa dikonsumsi dengan aman karena didalamnya terdapat 12,6 gram protein setiap 100 gram.

6. Kentang

makanan yang mengandung protein yaitu kentang

Kentang rebus merupakan sumber protein nabati yang direkomendasikan untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi harian. Bagi anda yang ingin mengonsumsi kentang rebus, maka manfaat berupa asupan protein sebesar 2 gram setiap 100 gramnya bisa masuk ke dalam tubuh.

7. Daging

Jenis daging juga mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Selain daging ayam dan sapi, daging kambing juga diperkaya dengan kandungan gizi protein yang berkisar antara 20-35 gram per 100 gram daging. Namun, perhatikan saat mengonsumsi daging ayam karena yang mengandung protein bermanfaat dalam daging ayam adalah bagian dada ayam. Sementara untuk paha atau bagian lainnya justru lebih diisi dengan kolesterol.

8. Keju

Makanan mengandung protein selanjutnya adalah keju. Sepertinya makanan ini sudah sangat familiar sebagai makanan favorit semua usia. Banyak yang menyukai keju karena selain rasanya yang lezat, keju juga mengandung gizi penting bagi tubuh berupa protein. Kadar protein yang terkandung didalam keju setiap 100 gram adalah sekitar 21 gram. Jumlah ini tentunya sudah setara dengan kadar protein yang ada pada daging dan telur.

9. Aneka Susu

makanan yang mengandung protein dengan aneka susu

Aneka jenis susu diperkaya dengan kandungan protein yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Susu sapi atau susu kambing memiliki kandungan protein sekitar 3 gram pada setiap 100 ml. Kebutuhan ini tentunya sangat tepat jika untuk memenuhi asupan protein dalam satu hari.

10. Kategori Ikan

Selain salmon, ada jenis ikan tuna dan ikan sarden yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari. Ikan tuna misalnya, mengandung sekitar 29 gram protein pada setiap 100 gram dagingnya. Ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan jaringan otak.

11. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari yang biasanya diolah menjadi camilan kuaci merupakan makanan kaya protein dan dibutuhkan tubuh dalam proses pertumbuhan. Sekitar 20 gram protein bisa diperoleh dari 100 gram kuaci yang dikonsumsi lho!

12. Brokoli

makanan yang mengandung protein dengan brokoli

Jenis sayuran yang kaya akan kandungan protein selain bayam adalah brokoli. Brokoli adalah sayuran hijau bermanfaat yang juga diperkaya dengan mineral, serat dan vitamin C. Dalam 100 gram brokoli yang dikonsumsi terdapat sekitar 2,89 gram protein.

13. Almond

Selain kedelai dan kacang hijau, kacang almond adalah jenis kacang-kacangan dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Untuk mendapatkan manfaat protein dalam kacang almons, anda bisa mengonsumsi kacang almond sebanyak 100 gram setiap dua hari sekali. Dalam 100 gram kacang almond terkandung 21 gram protein nabati yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan protein setiap harinya.

14. Kacang Polong

Sudah bukan rahasia lagi bila aneka jenis kacang-kacangan merupakan sumber protein yang paling disarankan untuk menjaga kesehatan metabolisme. Kacang polong juga termasuk makanan yang banyak mengandung protein dan bisa dikonsumsi setiap hari dengan aman. Setiap 100 gram kacang polong terdapat sekitar 25 gram protein.

15. Lele

Banyak masyarakat Indonesia yang gemar dengan menu Pecel Lele. Menu yang satu ini agaknya memang tidak hanya lezat tetapi juga mengandung banyak gizi dalam jenis ikan lele yang dikonsumsi. Ikan lele memang mengandung protein tinggi yang kadarnya mencapai 1,5 gram setiap ekornya.

16. Yoghurt

Hasil olahan susu ini ternyata juga mengandung protein dalam kadar yang cukup tinggi. Yoghurt pun aman dikonsumsi setiap hari karena juga baik untuk kesehatan pencernaan. Untuk 100 gram yoghurt yang dikonsumsi, anda akan mendapatkan manfaat protein sebesar 24 gram. Jumlah ini tentu sangat besar setara dengan protein daging ayam.

17. Jamur

Banyak jenis jamur yang bisa dikonsumsi dengan kadzr gizi yang tepat untuk tubuh anda. Jamur juga diperkaya dengan protein nabati yang berfungsi bagi sistem metabolisme tubuh. Pada 100 gram jamur tiram, jamur kancing, dan jamur lain yang aman dikonsumsi terkandung sekitar 10 gram protein yang berguna bagi tubuh.

18. Buncis

Jenis sayuran yang satu ini ternyata mengandung manfaat yang besar bagi tubuh disamping rasanya yang lezat. Buncis biasa diolah menjadi tumisan yang tidak mengurangi kandungan protein didalamnya. Dalam 100 gram buncis yang diolah setengah matang terkandung 1,6 gram protein alami untuk memperbaiki fungsi DNA dalam tubuh anda.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi dan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh anda. Pastikan mengonsumsi jenis makanan tersebut secara rutin untuk proses metabolisme tubuh yang lebih sehat dan membuat tubuh tidak mudah sakit. Semoga bisa menjadi sumber referensi untuk anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.