Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya

manfaat masker kopiKopi selama ini dikenal sebagai minuman yang dinikmati oleh berbagai kalangan baik pria maupun wanita. Kopi berasal dari biji kopi yang kemudian diolah menjadi berbagai macam olahan minuman seperti espreso, latte, capuchino, dan sebagainya. Selain diminum, ternyata kopi juga bisa bermanfaat dalam perawatan wajah, misalnya digunakan sebagai masker. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam kopi mampu memberikan manfaat masker kopi yang luar biasa dalam perawatan wajah.

Manfaat Masker Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kopi kaya akan vitamin B seperti riboflavin, niacin dan asam pantothenat serta mineral seperti mangan dan potasium. Kandungan polifenol dan antioksidan bisa membuat kulit senantiasa sehat dan halus. Berikut beberapa manfaat masker kopi dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Menyamarkan noda bekas jerawat

Jerawat yang sudah sembuh kadang meninggalkan bekas noda kehitaman pada kulit. Noda-noda kehitaman ini tentu mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasi bekas jerawat, Anda bisa menggunakan bubuk kopi murni sebagai scrub supaya noda hitam semakin memudar.
Untuk memudarkan noda bekas jerawat, Anda bisa memanfaatkan kopi yang dicampur dengan madu. Berikut caranya:

  • Ambil satu sendok teh bubuk kopi murni dan satu sendok makan madu lalu campurkan hingga menjadi pasta kental.
  • Usapkan kopi dan madu ke wajah sambil dipijat dan digosok lembut seperti menggunakan scrub wajah.
  • Diamkan masker kopi selama 10-15 menit, baru kemudian bilas menggunakan air dingin.
  • Anda bisa mengulang cara ini satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengangkat sel kulit mati

manfaat masker kopi dengan mengangkat sel kulit mati

Sel-sel kulit dalam jangka waktu tertentu akan mati dan digantikan sel kulit baru di lapisan bawahnya. Sel kulit yang telah mati lama kelamaan menumpuk dan menyebabkan wajah nampak kusam dan terasa kasar. Kadang nampak bagian kulit yang mengelupas yang merupakan tumpukan sel-sel kulit yang telah mati. Anda bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat scrub yang terbuat dari bubuk kopi dan baby oil.

  • Ambil satu sendok teh bubuk kopi dan campurkan dengan satu sendok makan baby oil.
  • Aduk campuran kopi dengan baby oil hingga menjadi pasta.
  • Usapkan pada wajah dan gosok lembut dengan arah memutar.
  • Biarkan bubuk kopi mengelupas bersama sel-sel kulit mati yang terangkat lalu bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Ulangi setiap satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil kulit yang halus dan lembut.

3. Menghaluskan kulit

Kulit halus merupakan dambaan dari semua wanita. Namun sel-sel kulit mati dan komedo menjadi penyebab utama kulit wajah menjadi kasar. Anda bisa membuat campuran kopi, bubuk kakao dan susu atau yoghurt sebagai masker. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan satu sendok teh kopi murni dan bubuk kakao dengan susu hingga menjadi pasta. Jika kulit Anda berminyak ganti susu dengan yoghurt.
  • Oleskan pada wajah hingga merata dan biarkan hingga mengering selama kurang lebih 30 menit.
  • Bersihkan wajah menggunakan air bersih. Wajah Anda akan terasa halus dan kenyal.

4. Mengecilkan pori-pori kulit

manfaat masker kopi dengan mengecilkan pori pori kulit

Pori-pori kulit yang nampak besar bisa merusak penampilan Anda. Kulit terlihat seperti kulit jeruk dan produksi minyak wajah menjadi berlebihan. Kondisi ini bisa turut memicu timbulnya jerawat dan komedo pada wajah Anda. Anda bisa mencoba cara berikut dengan memanfaatkan kopi dan lemon di rumah Anda.

  • Campurkan satu sendok teh kopi hitam bubuk dengan air perasan jeruk lemon.
  • Aduk hingga membentuk pasta.
  • Ulaskan pasta kopi dan lemon pada wajah dan biarkan hingga mengering.
  • Setelah kering, bersihkan wajah menggunakan air dingin dan rasakan wajah yang lebih lembut dan tidak berminyak secara berlebihan.
  • Ulangi cara ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

5. Menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata

Lingkaran hitam di bawah mata juga menjadi salah satu penyebab penampilan tidak maksimal. Faktor bawaan dan begadang bisa menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Untuk memudarkannya, Anda bisa mengambil manfaat masker kopi.

Buatlah kopi tanpa gula dan manfaatkan ampasnya untuk dioleskan ke bagian bawah mata yang kehitaman. Tunggu hingga mengering lalu bersihkan dengan air bersih. Ulangi cara ini dua atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mengencangkan kulit

manfaat masker kopi dapat mengencangkan kulit

Kulit yang kendor dan mulai muncul kerutan merupakan hal yang sangat dihindari wanita. Berbagai perawatan dilakukan untuk mencegah timbulnya penuaan dini. Anda bisa memanfaatkan ampas kopi untuk Mengencangkan kulit. Cara Mengencangkan kulit menggunakan dua cara berikut ini:

  • Campurkan ampas kopi tanpa gula dengan putih telur secukupnya lalu oleskan ke wajah hingga merata. Biarkan masker mengering selama 15-20 menit kemudian bilas wajah menggunakan air dingin
  • Cara kedua lebih sederhana. Anda bisa mengoleskan wajah menggunakan air seduhan kopi tanpa gula dan biarkan hingga mengering. Bersihkan wajah menggunakan air dingin.

7. Melindungi kulit dari radikal bebas

Diketahui kopi mengandung zat yang bernama Asam Dicaffeoylquinic. Zat ini merupakan antioksidan tinggi yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Anda bisa menggunakan kopi murni, jangan kopi kemasan yang dicampur air hingga menjadi pasta lalu dioleskan secara merata pada wajah. Biarkan masker mengering dan bersihkan dengan dengan air dingin. Cara ini juga mampu mengatasi kulit yang terbakar matahari.

8. Menghilangkan komedo

Komedo apalagi yang nampak sebagai bintik-bintik hitam sering mengganggu penampilan, karena kulit menjadi nampak kasar dan kusam. Untuk menghilangkan komedo Anda bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai scrub. Ingat ya, ampas kopi yang digunakan sebagai masker atau scrub harus tanpa campuran apa-apa termasuk gula.

9. Menghilangkan jerawat

manfaat masker kopi dapat menghilangkan jerawat

Minyak yang berlebihan dan debu serta kosmetika yang menempel pada kulit bisa menyumbat pori-pori kulit. Peran serta bakteri yang menempel di kulit bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, Anda juga bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai masker.
Ambillah ampas kopi murni tanpa gula. Usapkan secara merata pada wajah yang berjerawat lalu biarkan mengering lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Wajah Anda bisa terbebas dari jerawat.

10. Mencerahkan kulit

Kandungan kafein dalam kopi yang selama ini hanya diketahui sebagai bahan yang bersifat stimulan, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan air kopi beserta ampasnya untuk mencerahkan kulit. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buatlah kopi tanpa gula lalu endapkan dan pisahkan antara air dengan ampasnya.
  • Gunakan air untuk membasahi wajah. Lalu gunakan ampas kopi sebagai scrub wajah. Pijat-pijat wajah supaya kandungan kopi masuk ke dalam pori-pori kulit.
  • Bilas kulit menggunakan sisa air kopi untuk hasil lebih maksimal dan keringkan.
  • Bersihkan wajah dengan air bersih.

11. Mencegah peradangan pada kulit

Kandungan kafein pada kopi selain sebagai zat stimulan dan bisa mencerahkan kulit ternyata juga mampu sebagai zat untuk mengatasi inflamasi. Campurkan kopi dengan air hingga menjadi pasta kental lalu balurkan pada bagian yang mengalami peradangan. Bengkak bisa lebih cepat mengecil dengan diberikan kopi.

Kopi merupakan bahan alami yang sering ada di dapur. Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini untuk merawat kecantikan karena dinilai lenih lebih aman dan mudah didapatkan. Namun seperti penggunaan bahan alami lainnya, hasil yang didapatkan tidak bisa instan dan cepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.