Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Masker Untuk Kulit Kering, Mengelupas Dan Kusam Dari Bahan Alami

masker untuk kulit kering
Masalah kulit wajah yang kering pastinya akan sangat mengganggu rutinitas anda. Kulit kering pada wajah tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan saat menggunakan make up, tetapi juga bisa tampak kusam pada saat tertentu yang secara otomatis akan mengganggu penampilan anda.

Pemakaian pelembab mungkin juga dilakukan untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kering, akan tetapi solusi tersebut tidak serta merta menghilangkan masalah kulit kering pada wajah secara permanen. Cara yang tepat adalah merawat wajah yang kering dengan menggunakan masker wajah. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah!

Inilah Masker Untuk Kulit Kering Yang Mudah

Masker wajah khusus untuk kulit kering bisa dibuat dari bahan alami yang ada disekitar anda. Selain lebih aman, manfaat masker untuk kulit kering dari bahan alami akan menghasilkan kulit wajah lebih segar secara permanen. Seperti apa langkah membuat masker untuk kulit kering? Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa digunakan!

1. Tomat

masker untuk kulit kering dengan tomat

Buah tomat adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker wajah untuk kulit kering. Tomat mengandung vitamin A, C dan E yang sangat efektif untuk mengatasi keluhan kulit wajah kusam dan kering. Sediakan satu buah tomat segar dan cuci bersih terlebih dulu. Haluskan tomat menggunakan blender agar lembut sempurna dan aplikasikan langsung pada wajah anda yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 30 menit, sebelum wajah dibilas menggunakan air dingin.

2. Mentimun

Kadar air yang tinggi dalam mentimun sangat bermanfaat untuk memberikan efek segar dan anti dehidrasi kulit. Untuk mengatasi kulit wajah yang kering, silahkan aplikasikan masker yang dibuat dari mentimun ini. Caranya, haluskan mentimun terlebih dulu dan kondisikan wajah dalam keadaan bersih. Setelah wajah bersih, balurkan mentimun yang sudah halus pada wajah dan diamkan hingga 30 menit. Bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

3. Semangka

masker untuk kulit kering dengan semangka

Selain mentimun, buah semangka juga termasuk dalam buah dengan kadar air yang tinggi. Anda juga bisa membuat masker alami untuk kulit kering dari buah yang satu ini. Caranya, haluskan buah semangkan yang sudah dihilangkan isinya. Setelah halus, tambahkan dua sendok makan minyak zaitun dan campur hingga rata. Aplikasikan masker ini pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Bilas kemudian wajah anda menggunakan air dingin sampai bersih. Semangka mengandung antioksidan alami yang menutrisi kulit wajah secara cepat dan menghilangkan efek kulit yang kusam serta mengangkat sel kulit mati lebih mudah.

4. Madu dan Gula Pasir

Untuk kulit yang kering biasanya juga memunculkan masalah baru yaitu kulit wajah yang mengelupas dan membuat wajah tampak kusam. Ini bisa juga disebabkan sel kulit mati yang belum terangkat dengan baik dan tercampur dengan kotoran. Cobalah mengatasi masalah kulit kering ini dengan menggunakan scrub wajah yang terbuat dari madu dan gula pasir.

Secara alami, tekstur gula pasir yang agak kasar akan memudahkan pengangkatan sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Sementara itu, pelembab alami pada madu akan melembutkan kulit dan membuat kulit tampak lebih halus. Campurkan dua sendok makan gula pasir dengan tiga sendok makan madu. Pakailah campuran scrub alami ini untuk menggosok wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas wajah menggunakan air sampai bersih.

5. Bengkoang

Masker untuk kulit kering juga bisa dibuat dari bahan bengkoang. Bengkoang diperkaya kandungan vitamin E yang juga akan menutrisi kulit sekaligus mencerahkan wajah seketika. Haluskan langsung satu buah bengkoang yang telah dikupas, dan aplikasikan masker pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Setelah itu, silahkan biarkan masker bengkoang selama 30 menit agar kandungan alaminya bekerja dengan maksimal. Bilas kemudian wajah anda menggunakan air dingin.

6. Minyak Zaitun

masker untuk kulit kering dengan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E alami dan antioksidan yang mengatasi keluhan kulit kering. Anda bisa melakukan treatment minyak zaitun setiap malam menjelang tidur pada wajah dengan mengoleskannya saja. Lakukan pemijatan ringan pada wajah dan biarkan wajah selama satu malam. Wajah bisa dibilas pada keesokan harinya bersamaan dengan mencuci wajah atau mandi.

7. Putih Telur dan Lemon

Kandungan protein yang terdapat pada putih telur akan mempercepat regenerasi sel kulit sehingga menggantikan sel kulit wajah yang telah rusak. Masker putih telur dan lemon akan menjadikan wajah lebih tampak segar dan cerah dalam waktu cepat. Sediakan satu butir putih telur dan kocok terlebih dulu. Tambahkantiga sendok makan air perasan lemon kemudian aduk kembali dan simpan dalam kulkas selama 5 menit. Setelah itu, aplikasikan pada wajah secara merata dan biarkan sampai masker kering. Bilas kemudian masker di wajah anda menggunakan air hangat dan lanjutkan dengan kompres menggunakan es batu.

8. Lidah Buaya dan Jeruk Nipis

Masker wajah alami untuk kulit kering selanjutnya terbuat dari lidah buaya yang kaya akan vitamin E dan anti bakteri. Memanfaatkan lidah buaya sebagai masker bukan hanya melembabkan kulit anda tetapi juga mengurangi jerawat serta flek hitam. Sediakan satu batang lidah buaya yang telah dikupas dan diambil gelnya.

Lumatkan gel secara perlahan dan tambahkan tiga sendok makan air perasan jeruk nipis. Setelah tercampur merata, aplikasikan masker ini pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Bilas wajah anda menggunakan air dingin setelah masker agar kering.

9. Alpukat dan Madu

masker untuk kulit kering dengan alpukat dan madu

Alpukat merupakan buah yang sangat sering digunakan sebagai bahan untuk masker wajah. Untuk mengatasi kulit kering secara cepat dan membuatnya tampak awet muda, gunakan alpukat sebagai bahan masker wajah anda.

Siapkan satu buah alpukat dan haluskan daging buahnya sampai lumat dan agak lengket. Tambahkan dua sendok makan madu alami dan aduk rata. Setelah itu, aplikasikan masker ini pada wajah anda serta biarkan meresap selama 30 menit atau lebih. Bilas menggunakan air dingin sampai bersih setelah masker agak kering.

10. Teh Hijau

 

Khasiat alami teh hijau sebagai antioksidan juga sangat bermanfaat untuk kulit yang kering. Campurkan teh hijau dengan minyak zaitun secukupnya dan gunakan sebagai masker untuk wajah yang kering. Biarkan sejenak masker agar kandungannya meresap sempurna dan bilas wajah menggunakan air dingin setelahnya.

11. Yoghurt

Cara mengatasi kulit wajah kering berikutnya adalah dengan memanfaatkan yoghurt. Ya, anda bisa menggunakan yoghurt sebagai masker dengan catatan yoghurt tersebut tidak mengandung perasa atau tawar. Setelah wajah dibersihkan, aplikasikan tiga sendok makan yoghurt pada wajah anda dan biarkan selama 30 menit saja. Setelahnya, anda bisa membilas wajah menggunakan air dingin sampai bersih.

13. Pisang dan Madu

Selain dikombinasikan dengan alpukat, madu juga efektif saat dipadukan dengan pisang. Pisang dengan kandungan potassium dan magnesiumnya akan menutrisi kulit yang kering agar lebih kencang dan kenyal. Sementara madu yang mengandung pelembab alami akan membuat kulit wajah lebih lembut.

Siapkan satu buah pisang yang telah dihaluskan, tambahkan tiga sendok makan madu dan aduk merata. Setelah tercampur, pakailah masker ini pada wajah dan biarkan selama 30 menit saja. Bilas kemudian wajah menggunakan air dingin sampai bersih dan biarkan kering tanpa dilap.

Itulah beberapa cara tradisional membuat masker untuk kulit kering yang bisa anda lakukan di rumah. Penggunaan masker wajah dari bahan alami tersebut juga aman diterapkan setiap harinya. Jadi, anda juga bisa mendapatkan kulit yang lebih segar sekaligus lembab alami lebih cepat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.